PERAN MAHASISWA MENUJU PERGURUAN TINGGI ISLAM IDEAL

OLEH : LUDIYANI

Di era globalisasi yang semakin modern dan maju dewasa ini, turut serta memajukan kualitas teknologi diberbagai bidang. Salah satunya dapat kita lihat begitu banyak Perguruan Tinggi yang cukup mewah. Hal ini jika dilihat dari penampakan bangunan kampus dan sarana pendidikannya yang cukup lengkap dan bermutu tinggi. Tetapi fakta hari ini kita masih sering melihat mahasiswa yang kurang bermutu. Sehingga tidak mampu melahirkan Sarjana yang berintelektual tinggi yang nantinya siap menghadapi era globalisasi yang semakin menantang. Dimana hal ini juga merupakan kewajiban pokok mahasiswa yang perlu dijunjung tinggi. Inilah hal penting yang perlu di garis bawahi bagi mahasiswa sebagai insan akademik yang nantinya akan maju ke depan mewakili rakyat. Namun konkritnya hari ini kita masih sering melihat mahasiswa yang tidak malu jika sampai hampir lulus kuliah tidak memiliki kreatifitas berpikir untuk kemajuan dirinya. Tetapi hanya sibuk dengan dunianya sendiri sehingga munculah mahasiswa-mahasiswa yang menyimpang. Hal ini dapat di lihat dari adanya mahasiswa ala kadar artinya mahasiswa yang hanya sekedar menjalankan aktifitas dari pada nganggur. Kuliah baginya adalah lanjutan dari rutinitas sekolah yang selama ini di jalani, hanya karena di suruh orang tua, karena teman-temannya kuliah, atau sekedar mendapatkan titel. Adanya mahasiswa yang mengikuti pergerakan negatif. Mahasiswa model seperti ini sangat kacau karena mereka berkiblat pada orang-orang yang negatif.

Perguruan Tinggi Islam Ideal
Perguruan Tinggi Islam ideal ialah Perguruan Tinggi Islam yang bermutu baik dari segi fisik maupun mutu pendidikan, melekatnya nilai-nilai Islam dalam segala bidang geraknya dan terkesannya nilai-nilai Islam dalam tingkah laku warga kampus.
Ideal dalam segi fisik misalnya gedung kuliah yang memadai seperti tersedianya Laboratorium Penelitian, Sarana Olahraga yang lengkap dan Perpustakaan yang memiliki referensi yang memadai pula.
Melekatnya nilai-nilai Islam dalam segala bidang geraknya dapat dilihat dari setiap kegiatannya yang menaburkan nilai-nilai Islam di dalamnya, seperti adanya Lembaga Dakwah Kampus, HMI dan Kegiatan-kegiatan lain yang bernafaskan Islam.
Di sisi lain yang merupakan ciri Perguruan Tinggi Islam ideal adalah tercerminnya nilai-nilai Islam dalam tingkah laku warga kampus, sehingga terciptanya lingkungan kampus yang nyaman dan tidak kaku. Sehingga terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi dan terciptanya Perguruan Tinggi Islam yang ideal.

Peran Mahasiwa
Sebagai insan akademik yang bermoral dan berakhlak mulia hendaknya mahasiswa mampu memberikan andil untuk Perguruan Tingginya yang tercinta. Hendaknya mahasiswa mampu menyulap Perguruan Tingginya menjadi tempat yang paling nyaman untuk menimba ilmu yang menjadi rutinitas kesehariannya, mampu menentralkan suasana kaku atau tegang dalam setiap proses belajar. Hal ini dapat dilakukan mahasiswa dengan lebih meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi, misalnya aktif dalam diskusi organisasi sehingga dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada dosen atau pihak terkait guna mencapai perubahan yang lebih baik yaitu menuju Perguruan Tinggi Islam yang ideal.
Dengan memiliki kemampuan-kemampuan tadi maka mahasiswa dapat berperan aktif dalam segala kegiatan kampus tanpa kesulitan. Selain berperan sebagai mahasiswa sebagai pemberi kritik dan saran yang membangun. Selain itu juga mahasiswa berperan sebagai pelaku pendukung terciptanya keselarasan kampus serta sebagai wakil dari masyarakat yang mampu menyampaikan aspirasi rakyat.

Peningkatan Mutu
Untuk mencetak Perguruan Tinggi Islam yang ideal, maka sebagai insan akademik harus berperan aktif diantaranya dalam hal peningkatan mutu pendidikan. Setiap mahasiswa hendaknya mampu meningkatkan kecakapannya minimal dalam beberapa hal yaitu : Mampu menguasai bidang studi (ilmu) yang ditekuninya dalam teori maupun praktek, Mampu berbahasa inggris baik secara lisan maupun tertulis dan dapat mengoperasikan komputer. Namun untuk mencapai taraf demikian tidaklah mudah, tidak cukup jika hanya mengandalkan institusi pendidikan di kampus. Tetapi untuk menciptakan Perguruan Tinggi Islam yang ideal dalam hal mutu pendidikan membutuhkan mahasiswa yang berkomitmen, karena itu peran mahasiswa sangat penting.
Sebagai aplikasi dari tujuan yang telah di rintis dan di sepakati, maka peran mahasiswa sebagai peserta didik berusaha untuk meningkatkan minat, motivasi, kesiapan dan kesadaran situsionalnya.
Minat merupakan penentu sikap keseriusan para mahasiswa dalam mempelajari bidangnya karena itulah minat perlu di tingkatkan. Motivasi berperan sebagai pengobar semangat belajar, maka untuk meraih tujuan yang telah di kemukakan tadi, maka sebagai mahasiswa perlu memiliki motivasi. Kesiapan, bermuara dari kesiapan fisik dan mental mahasiswa untuk melakukan kegiatan kegiatan belajar yang lebih nyaman dan tidak mengalami hambatan. Kesadaran situsional sangat diperlukan sekali karena hal ini berfungsi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan yang terjadi dalam proses belajar. Jadi sebagai mahasiswa kita perlu menggunakan sistem “Menjemput Bola” artinya kita harus memiliki kreatifitas sendiri untuk menutup kekurangan yang ada. Contohnya apabila di kampus tidak tersedia referensi buku yang memadai, maka mahasiswa seharusnya kreatif mencari buku-buku di Perpustakaan Umum, mahasiswa yang kurang lancar bahasa inggrisnya, maka seharusnya kreatif untuk mengikuti kursus di luar kampus, mahasiswa yang tidak dapat mengoperasikan komputer, hendaknya juga mengikuti kursus komputer di tempat lain. Dengan demikian proses belajar di kampus dapat berjalan dengan lancar, karena sistem belajar di kampus tidak di mulai dari dasar. Oleh karena itulah untuk ilmu-ilmu dasar seharusnya kita cari di luar kampus. Sehingga tidak membuang-buang waktu dan dengan demikian mutu pendidikan mahasiswa meningkat dan Perguruan Tinggi Islam yang idealpun dapat tercapai.
Demikianlah sekelumit kata-kata yang dapat penulis sumbangkan sebagai salah satu anggota insan akademik yang kiranya memiliki andil besar dalam upaya menata Perguruan Tinggi Islam yang ideal yang menjadi idaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

About risqiyani

Mir'ah Wa Mar'ah

Posted on Juni 23, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: